Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Sukabumi

Apa itu e-ARRIVAL CARD?


Arrival Card (Kartu Kedatangan) adalah dokumen resmi yang digunakan oleh otoritas imigrasi yang memuat identitas penumpang dan catatan masuknya seseorang ke suatu negara.

Beberapa informasi yang dimuat pada Arrival Card seperti : Nama lengkap; Kewarganegaraan; Nomor paspor; Nomor penerbangan atau nama pesawat atau kapal; Tujuan perjalanan adalah dalam  rangka liburan,  pendidikan, mengunjungi  kerabat/keluarga, bisnis, diplomatik; Lama menetap; Kota tujuan (perhentian disembarkasi berikutnya); Alamat di negara tersebut; Alamat email; dan Nomor handphone yang dapat dihubungi.

Lalu lintas orang asing ke Indonesia tidak hanya memberikan keuntungan bagi negara seperti adanya transfer pengetahuan dan peningkatan devisa, namun juga turut menghadirkan beragam ancaman. Ancaman tersebut di antaranya seperti  perdagangan manusia, penyelundupan manusia, cyber crime, peredaran narkoba, pencucian uang, aksi terorisme, termasuk juga pelanggaran keimigrasian.

Untuk itu diperlukan adanya suatu strategi dalam pengawasan orang asing yang akan menjadi instrumen penting bagi penegakan hukum keimigrasian di wilayah Provinsi Jawa Barat.

Dengan digalakannya pemanfaatan Teknologi Informasi dari Arrival Card menjadi e-Arrival Card diharapkan dapat lebih meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat khususnya warga negara asing yang datang ke Indonesia.

Dalam rangka mewujudkan “Strategi Pengawasan Orang Asing Melalui Penggunaan e-Arrival Card di Jawa Barat”, perlu dilakukan penguatan fungsi pengawasan terhadap orang asing, sehingga dapat meminimalisir pelanggaran dan tindak pidana keimigrasian di wilayah Jawa Barat dan hasilnya dapat memberikan kontribusi yang positif.

Aplikasi IDN e-Arrival Card dapat diunduh di Play Store dengan berbasis Web dan Android dan bisa memuat informasi dan data orang asing secara realtime, tujuan kunjungan, akomodasi, alamat di Indonesia dan alamat di negara asal, alamat email, dan nomor handphone yang dapat dihubungi, photo paspor serta bukti pendaftaran e-Arrival Card berupa QR-Code.

Dengan demikian, adanya e-Arrival Card dapat memberikan manfaat ganda yaitu tidak hanya menjadi database bagi pengawasan orang asing, namun juga memberi kemudahan dan kecepatan pelayanan dokumen keimigrasian kepada orang asing yang ingin datang ke Indonesia.


0 Komentar

Tulis Komentar