Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Sukabumi
Pasti WBK 2020

Ada yang meminta Paspor Dengan Dijanjikan Uang, Waspada Penipuan


Sukabumi (28/12/2020): Saat ini beredar informasi di masyarakat khususnya daerah Jampang, Surade dan sekitarnya, bahwa terdapat orang yang mengumpulkan paspor  eks TKI/TKW dengan alasan akan ada pemberian bantuan dari raja Salman Saudi Arabia dengan nominal sekitar 10 juta sampai 15 juta setiap orang.

Menyikapi hal tersebut Kepala Humas Imigrasi Sukabumi mengimbau kepada masyarakat untuk tidak begitu saja mempercayai terhadap oknum yang menjanjikan pemberian bantuan tersebut dan jangan dengan mudah memberikan paspor kepada pihak lain untuk menghindari penyalahgunaan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, karena paspor adalah dokumen pribadi dan milik negara.

"apabila ada oknum yang meminta paspor dan menjanjikan memberikan bantuan agar dilaporkan saja ke kepolisian jangan mudah percaya begitu saja". Tuturnya.

Selanjutnya Adi mengatakan bahwa paspor lama walaupun sudah habis masa berlaku diminta dikembalikan ke Imigrasi apabila pemegang paspor tersebut akan mengajukan paspor baru . Jika tidak dapat menunjukan paspor lama tutur Adi maka akan menjalani proses yang rumit dan dikenakan sanksi denda sesuai tarif  yang berlaku dan jika tidak bisa menunjukan paspor lama pada saat penggantian kalau ditemukan akibat kelalaian maka proses permohonan paspor dapat ditangguhkan.

" Sebaiknya dokumen paspor agar dijaga sebaik mungkin, masih berlaku maupun sudah habis berlaku " tandasnya.


0 Komentar

Tulis Komentar